Udah 3 kali aku jadi operator, pertama pas Xemnas 06, terus kultam 07 yang terakhir Xemnas 07. Banyak banget pengalaman yang udah aku dapetin, yah bisa dibilang aku ini udah pro, he he he he….
Tapi masak aku terus yang dipilih? Nggak ada regenerasi nih… Mohon kepada adik2ku yang membaca artikel ini untuk menggantikan aku..
Bagi yang mau jadi operator kelak, berikut ada beberapa tips bagi kalian:
1. Terbiasalah memakai touch pad, biarpun aku ini nggak punya laptop tapi aku udah terbiasa makai touch pad (Arigatou Puguh Nii-San), hayo buat kalian yang punya laptop masak nggak malu sama aku. Terus lancarlah dalam mengetik (yang ini optional, not necessaryly).
2. Persiapkanlah run down acara & hand out presentasi. Biar kita tahu bagaimana urutan presentasi pembicara dan tahu pembicaranya itu ngomongnya sampai dimana biar pas sama yang dipresentasikan (Kalau sempet, baca dulu hand out nya sebelum pembicara memulai presentasi)
3. Pasang kuping baik2 dan mintalah teman2 untuk tidak mengajak omong2 saat pembicara sedang melakukan presentasi.
4. Persiapkan snack yang banyak di meja, biar nggak bosen dan nggak perlu kemana2 pas lagi butuh cemilan.
5. Kalau bisa siapkan 2 laptop diatas meja. Yang satu lagi bisa buat ngopi2 file ppt(powerpoint) dari pembicara di saat laptop utama (yang nyambung ke LCD) masih sedang nayangin sesuatu. Selain itu dengan 2 laptop bisa buat jaga2 kalau2 laptop utama ada yang gak beres.
6. Pandai2lah membaca nada bicara pembicara. Setiap pembicara memiliki cara yang berbeda dalam memberikan isyarat  penggantian slide. Terkadang ada kalanya pembicara tidak memberikan isyarat sama sekali, sehingga kita harus mengkira2 apakah harus lanjut ke slide selanjutnya atau tidak.
7. Lebih baik kecepetan maju daripada kelamaan. Maksudnya kalau kita ragu2 apakah ini sudah memasuki slide selanjutnya apa belum mendingan kita next aja slidenya, ntar kalau ternyata kecepatan khan bisa di previous. Untuk menghindari hal2 seperti ini siapkanlah hand out pembicara atau pake 2 laptop biar bisa ngeliat slide selanjutnya.

Udah gitu aja nggak usah banyak2