Apakah kamu mengenal Subzero? Hmmm… bagi kamu yang tidak mengenalnya mungkin kamu tahu film Mortal Kombat? Yups, Subzero merupakan salah satu tokoh fiksi dalam film tersebut. Kemarin aku baru aja nonton filmnya di TransTV. Subzero adalah tokoh yang dapat membekukan semuanya dengan jurusnya. Nah… kenapa aku membahas Subzero? Begini… mungkin diantara kamu sekalian ada yang mengetahui dan ada yang tidak tapi dari telapak tangan dan kakiku selalu mengeluarkan keringat dingin, ummm… gak selalu sich. Sebenarnya selalu ada pemicunya, dan sayangnya kalau sudah keluar sulit (hampir mustahil) dihentikan… sigh…Lha?! Apa hubungannya dengan Subzero? Ehm, begini… pada saat awal-awal aku masuk kuliah farmasi ada program yang namanya “Success Skill”, nah disitu aku bertemu dengan teman-teman yang berbeda kelas. Disitu ada Agus, Kukuh, Adi, Wahyudi, dll. Waktu itu aku sempat bersalaman dengan mereka, nah kebetulan tanganku sedang berkeringat, plus ruangan yang dipakai ber-AC. Otomatis tanganku dinginnya luaaaarr biasa!!! Dan tak pelak lagi mereka (terutama Kukuh dan Adi) menyebutku Subzero, karena SAMA-SAMA DINGIN! Sebenarnya ada yang lebih parah lagi sich… Yaitu Putra… dia nyebut aku ini ‘dingin’ karena berdarah dingin. waks!

Banyak hal yang menarik dari tanganku yang sering kali berkeringat ini :
1. Dulu sering kali stick game yang kupakai rusak sehingga temanku jarang meminjami aku game kalo aku main kerumah mereka. Lha? Kenapa rusak? Karena keringat yang keluar dari tanganku bisa masuk kedalam stick game dan mengacaukan sirkuit elektronik didalamnya, weleh-weleeeehh…
2. Kalau main PS dirental dan duduknya lesehan, keringat yang keluar dari kakiku bisa membanjiri lantai rentalan, lha malah kayak ngepel lantai ajah.
3. Ada saat-saat tertentu keringat yang keluar dari tanganku begitu parah sampai-sampai bisa menetes-netes tes tes tes. Ngeri nggak? Menurutku biasa ajah tuh.
4. Dulu waktu praktikum Farset II, yang bagian kapsul. Nah itu susah banget dah pokoknya… tahu sendirilah apa yang akan terjadi bila cangkang kapsul bertemu dengan tanganku yang berair. Duh duh duuuuhhh… pada lengket dan kotor semua deh kapsulnya… T_T
5. Dulu waktu kelas 3 SMU ada praktikum biologi, nah waktu itu pake pembakar spiritus, waktu itu aku ingin menyalakan pembakar spiritus dengan cara mendekatkan sumbu pembakarku dengan pembakar milik temanku yang dah nyala, ealah dodolnya ternyata ada spiritus yang keluar sampai tanganku, yah apa daya terbakarlah telapak tanganku… cepat-cepatlah tanganku kuayun-ayunkan hingga apinya mati… tapi untung-untuuuunngg… ternyata tanganku sedang berkeringat jadi gak kena luka bakar deh. Jujur aja, seumur hidup baru kali itu aku merasakan untungnya punya tangan berkeringat.
6. Kalau jalan-jalan jauh pake sendal jepit duuuhhh, males banget dah pokoknya mending pake sepatu ato cekeran sekalian dech. Kenapa eh kenapa? Karena yang memancarkan air asin itu gak cuman tanganku melainkan telapak kakiku juga. Otomatis kalo pake sendal licin banget… makanya pas kemaren aku jalan-jalan lintas alam waktu makrab gak pake sendal. Karena memang sangat merepotkan dan risih luar biasa.

Nah khan keluarnya disaat-saat tertentu… kira-kira apa ya pemicunya? Entahlah… sampai saat ini masih sedang kuteliti *haiah*, beberapa diantaranya adalah ketegangan, ketakutan, euforia. Kalo saat tegang belum tentu keluar keringatnya sih begitu juga dengan ketakutan… tapi kalau lagi santai-santai dan tiba-tiba ada hal yang lucu dan aku tertawa terbahak-bahak pasti keringatku bakal keluar hehe ^^.

Kenapa tanganku bisa dingin begini? Entahlah… penyebab pastinya masih belum diketahui… beberapa hipotesis *haiah* menyebutkan bahwa ini karena paru-paru basah, yang lainnya menyebutkan bahwa hal ini dikarenakan jantung lemah. Baik paru-paru maupun jantungku emang udah bobrok keknya… secara aku dulu pernah kena bronchitis akut dan aku ini bisa kena asma, apalagi kalo minum obat-obatan simpatomimetik kayaaakk fenilpropanolamin *bener gak ya?*, itu bisa bikin asma yang parah banget, nafas hampir berhenti dan denyut nadi nyaris tak terdengar terasa. Makanya kalo aku pilek ato batuk gak pernah minum obat-obatan kek gitu, ngeri dah pokoknya… biarlah sistem kekebalan tubuhku mengurus sendiri, aku percaya mereka bisa, dan nyatanya emang bisa sembuh sendiri kok. Demikian pula dengan jantungku… sedari kecil jantungku beberapa kali terasa tertusuk-tusuk, ouch! I wonder if it’s the same with heart-attack? At smallest symptom perhaps? Dunno lah? Dan kalo minum obat-obatan simpatomimetik kek yang tak sebut diatas juga, weleh-weleeehhh… yang biasanya ketusuk-tusuk kurang lebih sebulan sekali bisa jadi lebih dari sekali seminggu, dan tusukan lebih menyakitkan OUCH!

Ada petunjuk menarik lainnya… *jadi kek detektif* petunjuk lainnya… asma tidak akan terjadi kecuali staminaku terkuras habis, sedangkan untuk jantung serangannya tidak terduga dan tanpa sebab yang jelas. Oh ya, kakekku meninggal karena jantung, selain itu pernah waktu bayi ortuku memeriksakanku pada dokter dan katanya tidak apa-apa, tapiii… waktu kelas 2 SMU ada pemeriksaan kesehatan, waktu itu dokter tanya “loh kok tangannya dingin kenapa?”, aku jawab aja seenak udelku “jantung dok”. Langsung aja tuh dokter periksa jantungku dengan stetoskop. Abis periksa jantungku dokter itu diam seribu bahasa, nah loh!

Aku rasa penyebabnya sudah jelas, CASE CLOSED!

Maafkan aku kawan-kawanku karena kekuranganku ini yang sering kali membuat kalian risih saat bersama / bersalaman denganku… T_T