My HP mini 210-1000 ~ Lumayan lah, gak mengecewakan…


Gak terasa dah dua setengah bulan setelah aku membeli netbook baru. Dah banyak yang telah kulalui bersama netbook ini. Sebelumnya biar kuberi tahu spec-nya:
Proc    Intel Atom N450 1.6 GHz
RAM    DDR 1 Gb
HDD    160 Gb SCSI Hitachi
Mon    10″
Optic    –
Webcam    Yes 1.3 Mp
Card Reader 4 in 1
3 USB port
6 cells battery
Bluetooth
OS    Windows XP Home Edition SP3 ULCPC
Wifi    b/g

Saat pertama beli menyenangkan juga, dah paketan ama Windows, jadi gak melanggar undang-undang selain itu yang lebih penting lagi bisa di-update! Salah satu hal yang paling berkesan saat awal memakai ialah lamanya netbook ini menyala, netbook ini saat dipakai terus-menerus bisa menyala sekitar 5-6 jam berkat teknologi hemat daya dari Intel Atom N450, N450 memiliki TDP 5 Watt dan throttleable(bisa menurunkan dan menaikkan clock cpu sesuai kebutuhan, secara otomatis tentunya). Selain itu processor grafis juga sudah terintegrasi dalam Intel Atom N450 sehingga penggunaan listrik lebih hemat lagi. Meski demikian, ada suatu hal yang mengejutkan dari N450, saat saya menggunakan software HWMonitor, ternyata suhunya mencapai di kisaran 60-70 derajat celcius, sontak sayapun terkejut. Usut punya usut, menurut technical data dari situs http://www.intel.com ternyata N450 memiliki suhu operasional hingga 100 derajat celcius! Saat saya melihat di beberapa forum, ternyata ada juga yang melaporkan suhunya mencapai 85-an derajat celcius, kalau begitu memang punya saya normal. Tapi tetap saja, karena takut akhirnya saya memutuskan untuk membeli cooler tipe kepiting seharga 20k sehingga akhirnya suhunya stabil di 50-60 derajat celcius.

Meskipun netbook kecil tapi yang satu ini memiliki desain keyboard yang cukup ergonomis, desain “island” yang memberikan space pada setiap tombol keyboard meminimalisir terjadinya salah ketik, selain itu tombolnya gak sekecil netbook-netbook generasi sebelumnya.

Sayangnya netbook ini gak punya optic (namanya juga netbook), jadi saat menginstall Linux agak merepotkan karena musti pakai USB FDD. Sialnya pernah suatu ketika gara-gara salah dalam mengoperasikan software partisi akhirnya Windows tidak bisa di-boot gara-gara menggeser posisi partisi windows. Untung ada software bernama WinSetupfromUSB, namun ternyata ada masalah lain, karena windows yang saya pakai untuk repair ternyata tidak mengenali HDD SCSI. Hingga akhirnya teman saya memberikan saya windows XP SP3 yang terbaru, dan ternyata HDD tersebut dapat dikenali. Kemudian setelah melakukan FIXBOOT C: akhirnya Windows sudah bisa dipakai lagi sigh…
Omong-omong, kalau beli netbook ini tidak dibekali CD Windows asli buat repair, musti pesan sendiri…

Ada satu hal yang membuat saya bingung, karena ternyata ada saat-saat tertentu di mana Netbook terasa begitu lambat, usut punya usut ternyata ada program backup yang dah terinstall dari sananya. Dan program itu jalan di background seminggu sekali.

Oh iya, dari segi performa netbook ini sebenarnya gak banter-banter amat, maklum Intel Atom jadi jangan berharap lebih. Pernah saya melakukan benchmarking dan ternyata speed-nya ada di kisaran speed Intel Celeron versi Desktop.

Overall, lumayanlah untuk seorang akademisi seperti saya. Cukup untuk kebutuhan akademik, programming, internet, riset, musik dan beberapa game.

Advertisements

27 thoughts on “My HP mini 210-1000 ~ Lumayan lah, gak mengecewakan…

  1. Yaah wajar lah..
    kan memang tujuan utama di ciptakannya intel atom hanya untuk mereka yang menggeluti dunia maya n dengan kinerja apa adanya (mengetik dll)

  2. Ya pakai saja software partisi ada banyak koq software partisi. Silahkan search sendiri di google. Saya sendiri menggunakan software gparted karena saya tidak suka menggunakan software bajakan. Namun software tersebut tergolong sulit untuk digunakan karena musti boot lewat CD atau Flash Disk Drive. Tapi software itu direkomendasikan untuk orang2 yg ingin menggunakan Linux dalam partisinya.

    Atau solusi free lainnya partition logic:
    http://partitionlogic.org.uk/

    tapi untuk partition logic aq belum pernah coba

  3. Khan di bagian atas ada tombol wireless (jadi satu dengan tombol f12), yang gambarnya antena, tombol wireless dipakai untuk menghidupkan wifi sekaligus bluetooth.

    Semoga membantu.

    oh iya untuk menghidupkannya tidak perlu menekan tombol “fn” di sebelah left ctrl

  4. itu artinya ada hardware yang tidak dikenali, biasa dikarenakan tidak adanya driver atau karena hardware yang rusak, tapi kemungkinan pertama lebih besar.

    coba pindahkan hardware yg dicolokkan ke usb ke slot usb yang lain

  5. mau tanya..
    kalo aku kendala setiap masukin modem ke hp ini..
    di hp ini kan ada 3 colokan untuk USB…
    1 dekat colokan chargeran baterai, dan 2 ada di sisi kanan..
    kenapa setiap masukin modem hanya bisa di sisi kanan yang 2 itu… tapi yang diatas..n hanya bisa di colokan itu ja?
    itu kenapa ya? apa mungkin dari modem nya atau dari colokan USB dari Hp mini ini???
    kasih jawaban nya dong…..
    karena aku cari tau ga ketemu dan ga bisa….
    kenapa ya????????????

  6. Oh iya, kalo berdasarkan pengalamanku, setiap colokan USB emang rada2 beda. Seringkali mouse/flash disk bisa di colokin di satu colokan, tp gak mau di colokan yg lain.

    Aq sendiri g tau pasti alasannya, tapi nampaknya faktor hardware, dlm artian satu colokan mgkn berbeda ukuran (dlm seperberapa milimeter) dibandingkan colokan USB lainnya.

    Emang agak aneh, tapi begitulah kenyataannya. So kemungkinan besar masalahnya bukan dari modem yg kamu pakai.

  7. Jelas di bawahnya donk :D

    krn hp-mini ukuranx kecil, aq saranin beli yg model lipat/kepiting, jd ukuranx bs disesuaikan. Bs sih pk yg ukuran gedhe, cm g enak dipandang aja

    • Buka windows explorer, abis itu khan di sisi kiri ada my computer, drive C, drive D, dst. ampe control panel. Nah di bawah control panel ada device HP Webcam. Itu diklik aja ntar kamera langsung nyala otomatis.

      Oh ya, pastikan driver webcam sudah terinstal.

      Kalo untuk Skype asalkan driver webcam dah keinstall bisa langsung kedetect ama program Skype-nya koq. Aq pernah nyoba Skype-an ama temenku pake HP-mini soalnya.

  8. pnipu ah, stau ane, hp 210 1000 tuh batere cuma 3 cell, n smpe saat ini, blom ada yg bisa gantiiin batere nya hp 210 1000 ni jd 6 cell krena dudukan nya ga pass, n lagi, mslah win FD, ane install win XP SP1 pake FD juga ga msalah, tu bukan krena FD g mw baca dr HD SCSI, mgkn ente yg salah format FD na, zzz, swt dah

  9. mas, tolong dibantu dong, punya saya driver video tidak pas, jadi gak bisa muter film format full HD (patah2) . ataw memang dak bisa yah? trims’

    • Yup memang gak bisa, untuk format avi/mkv 720p saja sudah patah2 tiap beberapa detik, terus kalau utk 1080p patah2nya lebih parah. Inilah nasibmu, terima saja bos! ^^

  10. trus, sekarang pakai driver intel, kenapa layarnya redup yah mas? klw pakai standar vga malah terang. apa yang salah? setelannya sudah max.

  11. eh? kurang ngerti saya. Itu driver dapet dari mana (alamat situsnya)?
    aq di Linux sama di Windows sama2 normal tuh. ‘standar vga’? Riza pake Windows 7?

  12. iya win7 ultimate, kemarin diver intel bawaannya kurang pas, jadi layarnya redup. ni sudah saya pakai driver lain dari web nya, sudah ok.. trims mas

  13. Mau nanya mas, saya sedang install hp Mini 210-1000, intel atom. pake wintoflash tapi permasalahannya muncul ketika sedang loading file yaitu ne notebook minta file 3waredrv.sys…kenapa ya mas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s