Setelah sekian lama kuliah di kampus Farmasi UGM tercinta ini aku sadar, aku telah banyak berubah. Aku yang sekarang sudah jauh berbeda dengan diriku waktu aku baru saja masuk ke kampus ini. Kebanyakan perubahan itu terjadi karena aku membiarkan diriku dimasuki oleh nilai-nilai dari luar, aku dulu pernah memberinya istilah value shifting. Akibatnya aku mulai lupa akan diriku yang dulu, aku mulai lupa apa yang sebenarnya paling kuinginkan, aku mulai lupa seberapa hebatnya aku dahulu kala.

Aku pernah membaca di sebuah buku, bahwa tujuan yang paling hebat dan dapat memberikan dampak yang kuat ialah tujuan yang berasal dari diri sendiri, bukan tujuan yang berakhir pada pengakuan, penghargaan atau popularitas. Banyak pula penulis dan Hacker sejati yang mengatakan bahwa mengejar sesuatu untuk mendapatkan pengakuan, penghargaan dan popularitas belaka adalah konyol.

Belakangan aku sadar, aku telah teracuni oleh lingkunganku, atau lebih tepatnya aku telah membiarkan diriku teracuni oleh lingkunganku. Kenyataan bahwa aku sangat haus akan pengakuan dan popularitas adalah bukti nyata akan adanya racun dalam jiwa, hati dan pikiranku. Sejujurnya, aku seringkali merasa tidak nyaman dengan pikiranku selama beberapa semester terakhir ini. Itu semua karena aku terlalu sering mengutamakan pengakuan dari orang lain. Kali ini aku ingin hidup untuk diriku, untuk tujuan hidupku yang sebenarnya… Tujuan hidup yang sedari dulu selalu kukejar-kejar dan telah tertidur untuk sekian lama…

It is about time, to completely awaken my old self…

May 2, 2010