What I Write ~ Me and This Blog


“Wahahaha, mas, blogmu susah dipahami, kalo orang lain pada datang pasti pada gak dong (istilah jawa untuk kata paham).”, begitu kata Lia adik kelasku sekitar seminggu yang lalu.

Biasanya tulisan seseorang adalah cerminan kepribadian seseorang. Orang yang serius seringkali menulis hal-hal yang serius, orang yang humoris pasti tulisannya akan penuh dengan humor, orang yang religius pasti tulisannya akan sering menuliskan firman Tuhan atau menyebut nama Tuhan atau dan Nabi-Nya, dan seterusnya. Oleh karenanya, kita bisa mendapatkan gambaran kepribadian seseorang dengan membaca tulisan seseorang.

Belakangan aku lumayan rajin melakukan blogwalking, utamanya blog-nya anak-anak farmasi, berkat adanya agregrator blog anak-anak farmasi aku bisa mengetahui kalo ada yang mem-post-kan artikel baru. Nah, dari situ aku bisa membaca blog para farmasis lainnya, kemudian memberi komentar. Dengan berharap nanti empu-nya blog akan balas membaca blog ini hehehehe… :p. Menariknya, ternyata dari banyak blog yang kukunjungi ternyata empu-nya hanya sedikit yang mau membaca tulisanku (FYI tidak ada yang mau memberi komentar) hahahahaha… Menarik juga sih, karena beberapa orang ternyata menulis di blog untuk di baca orang-orang terdekatnya (A.K.A. teman), jadi kalau ada orang yang numpang lewat dan memberi komentar mereka hanya menganggap angin lalu itu. Tapi sebenarnya persoalannya tidak se-simple itu, chemistry juga merupakan faktor yang penting. Blogger itu beragam wataknya, dan satu sama lain belum tentu klop. Umumnya para blogger mencari tahu apakah suatu blog itu menarik atau tidak dengan mencari tahu apakah artikel-artikel di dalamnya enak dibaca atau tidak, enak atau tidaknya tergantung selera masing-masing.

Sekarang mari bandingkan blog-ku dengan blog-blog orang lain, pertama dari segi judul. Judul yang kugunakan memang unik, karena selalu menggunakan tilde(~) untuk memisahkan judul dan subjudul, dan sudah menjadi karakter khas dari blog ini. Kemudian judul yang kugunakan hampir selalu menggunakan bahasa Inggris meskipun isinya belum tentu menggunakan bahasa Inggris. Bahasa Inggris bagi kebanyakan masyarakat Indonesia nampaknya memberikan rasa takut atau malas karena banyak masyarakat Indonesia yang merasa bahwa bahasa Inggris itu susah. Alhasil dengan membaca judul dari artikel-artikel yang ada di blog ini saja orang sudah merasa malas atau takut untuk membaca artikel-artikel di blog ini. Mungkin bahkan beberapa orang merasa bahwa empunya blog ini arogan dan sombong sambil membatin “Sok British loe!” hahahaha… Anyway, alasan di balik pemilihan judul yang berbahasa Inggris ialah kosa kata Inggris yang lebih kaya di banding bahasa Indonesia, bagi saya pribadi penggunaan bahasa Inggris memberikan saya maneuverability yang lebih tinggi di dalam mengekspresikan ide-ide saya, dan hal itu lebih penting bagi saya dibandingkan apa yang orang lain pikir tentang saya dan blog saya.

Sekarang mari bandingkan artikel yang ada di blog ini dengan isi blog lainnya. Ada kalanya aku menyisipkan bahasa Inggris dalam artikel bahasa Indonesia, beberapa artikel bahkan full-english. Sekali lagi mungkin beberapa orang mungkin akan membatin “Sok British loe!” LOL. Dari segi substansinya, blog ini kebanyakan berisi tentang pemikiran dan perjalanan hidupku. Awalnya aku menulis blog hanya karena aku senang menulis dan ingin berbagi banyak hal kepada orang-orang, atau khususnya kepada teman-temanku. Tapi belakangan aku merubah paradigma, bahwa aku menulis blog untuk mencatat perjalanan hidupku, agar aku tidak lupa sampai dimana aku, mengingat kesalahan fatal apa yang tidak boleh diulang, mencatat setiap pemikiran penting yang mungkin akan terlupa, menjaga konsistensi dan integritas. Di dalam mencatat perjalanan hidupku adalah penting untuk menuangkan perasaan dan pikiran ke dalam tulisan dengan ekspresi yang sesuai, dan kadang kala bahasa Indonesia saja tidak cukup untuk mengekspresikan perasaan dan pikiranku, akhirnya aku mengkombinasikannya dengan bahasa Inggris agar perasaan dan pikiranku dapat terekspresikan dengan tepat. Tidak ada maksud untuk sombong apalagi arogan dalam menuangkan perasaan dan pikiranku dengan bahasa Inggris ke dalam blog ini.

Hal lain yang sangat menarik untuk diperhatikan adalah substansi dari blog ini yang bisa dibilang “Out of other’s comprehension”. Hahahaha, inilah bagian dari tulisan ini yang aku paling semangat untuk menulisnya. Seringkali aku menulis dengan analogi dan imajinasi yang luar biasa, banyak orang yang tidak merasa nyaman saat membaca blog ini karena itu. Seperti yang telah aku tulis di atas, bahwa tulisan itu mencerminkan kepribadian seseorang. Duniaku memang sangat aneh jika dibandingkan dengan dunia orang pada umumnya. Seringkali aku sedikit menggila dan membahas hal-hal yang tidak biasa dibahas orang lain, terkadang aku hanya ingin membuat orang-orang lebih sadar dan aware akan suatu hal, makanya deskripsi dari blog ini adalah ‘Just wanna bring everything to awareness and consciousness’. Seringkali aku juga hanya berusaha memahami dunia ini dengan kata-kataku, aku percaya bahwa bagi masing-masing dari kita akan ada kata-kata tertentu yang membuat orang tersebut akan lebih mudah memahami suatu hal. Kata-kata seperti ‘bakar kapal di belakangmu’, ‘dimana ada kemauan di situ ada jalan’, ‘di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat’. Bagi beberapa orang kata-kata itu mungkin tidak bermakna, tapi bagi orang-orang yang benar-benar memahami maknanya maka setiap kali orang tersebut mendengar kata-kata tersebut maka hatinya akan tersentak atau bahkan tergetar. Dan akupun juga berusaha menemukan kata-kataku sendiri, dan itu semua tertuang dalam kategori ‘finding my own words’.

Apapun itu, ternyata banyak hal yang membuat blog ini hanya dikunjungi oleh teman-temanku atau orang-orang dengan kepentingan tertentu. Yah, tidak apa-apa, itu bukan prioritas utama, yang utama adalah untuk mencatat perjalanan hidupku dan menuangkan pikiran dan perasaanku sehingga pikiranku bisa menjadi lebih clear. It’s been fun anyway, to write in this blog…

May 9, 2010

Advertisements

4 thoughts on “What I Write ~ Me and This Blog

  1. Blog kan selain sebagai tempat berbagi, bisa sebagai tempat curahan hati (jidat menurud bahasaku) dan ajang narsis (pamer menurud bahasaku) hehehe.. contohe blogku nyang inih, bahasanya malah ndak pake kaedah

    Contohe blogku yang amat ssangat jarang apdet http://abdindalem.blogspot.com

  2. menurutku, blog itu kayak jualan juga, kita harus tau siapa yang kita bidik.. kalo emang mau ngasi tau khalayak ramai ya pake bahasa mereka.. kalo sekadar kayak curhatan ke temen-temen ya pake bahasa kita sehari-hari gakpapa,.. kalo berbahasa keilmuan ya pake bahasa yang lebih baku ^^

  3. pertama2 mau ngucapin makasih banget udah sering banget ngunjungin blog saya :D

    mungkin nanti kalo saya ke jogja kita bisa ketemuan. dulu saya pengen banget masuk ugm loh T_T

    haha.. btw blog kk bagus, mungkin saran aja, bisa dikasi ilustrasi2 biar lebih ‘ngeh’ yg baca tentang apa yg lagi dibicarain. :D

    go blogger!

  4. @Arip: Yah, setiap orang emang punya tujuannya masing2 dalam menulis di blog…:-)

    @Ocha: Yang aq bidik diriku sendiri Cha! Hehehehe…

    @Adin: Yo, sama2!
    Ya ntar kalo ke Jogja kabar2in ya! Ntar kita tuker2an no hp dulu.

    Thanks atas pujiannya, kalo soal gambar, mau2 aja sih kalo ada gambar yg bisa menggambarkan apa yg mau kutulis, masalahnya gak ada gambar yg bisa menggambarkan apa yg kutulis LOL

    But seriously, kalo emang ada gambar yg cocok pasti kutambahkan. Di 2 post mendatang pake gambar koq. Terus kalo mau mbaca artikel bagus yg pake gambar liat aja postinganku yang ini:
    https://supiido.wordpress.com/2008/06/09/mikirin-ceweeeek-mlulu-part-5-de-novo-design-in-soulmate-finding/
    Itu bagus lho, banyak pelajaran yg bisa dipetik *promosi hehehehehe…. :D*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s