Sigh, akhirnya setelah sekian lama berusaha memahami materi Immunology untuk skripsiku akhirnya aku berhasil memahami materi-materi Immunology yang kuperlukan. Mungkin pemahamanku tentang Immunology masih jauh dari komprehensif namun setidaknya aku sudah memahami dasar-dasar yang kuperlukan untuk memahami ‘Asthma’, karena bagiku yang sekarang Practicality amatlah penting. Saat aku memahami semua yang kuperlukan dari Immunology untuk skripsiku aku merasa lega, namun di sisi lain ternyata aku justru merasa kosong. Bukannya aku merasa sombong tetapi ketika aku selesai mempelajari semua yang kubutuhkan tiba-tiba di benakku muncul kata-kata “Hah? Benarkah? Cuman seperti itu?”. Kata-kata itu muncul bukan karena aku merasa Immunology itu mudah, bahkan sebenarnya aku justru merasa ilmu yang membahas tentang sistem kekebalan tubuh manusia itu demikian kompleks dan sulit untuk dipahami. Kata-kata itu muncul karena insting “Wanna Understand More”-ku yang kuat. Sebagai seorang 5 dalam Enneagram dan INTP dalam MBTI aku memiliki rasa ingin tahu yang kuat dan selalu didorong oleh rasa takut akan “ketidaktahuan”. Aku selalu merasakan sensasi “Insatiable Hunger” dalam menjalani hidupku. Semakin aku mempelajari sesuatu justru aku merasa semakin lapar.

June 12, 2010