Pernah dengar Choleric? Choleric adalah satu dari penggolongan manusia berdasar cairan tubuh yang dikaitkan dengan sifat-sifat manusia. Dahulu kala di Yunani diduga ada 4 cairan tubuh yang menimbulkan sifat-sifat tertentu pada manusia, keempat cairan itu adalah:

1. Choleric (yellow bile =  empedu) berkaitan dengan rasa marah.
2. Sanguine (darah) berkaitan dengan rasa senang.
3. Phlegmatic (lendir hidung dan tenggorokan) berkaitan dengan sikap dingin dan tenang.
4. Melancholic (black bile = ginjal atau limpa) berkaitan dengan rasa sedih dan putus asa.

Tetapi di sini saya tidak sedang berbicara tentang penggolongan kepribadian tersebut. Tetapi saya sedang membicarakan hobi baru saya, yakni Semantik. Belakangan (semenjak sekitar 6 bulan lalu) saya sedang tergila-gila dengan arti dari suatu kata (dan terminologi), sebenarnya saya sudah tertarik dengan semantik sejak lama tetapi belakangan saya berusaha mendalaminya dan menjadikannya sebagai hobi baru.

Kata yang ingin saya jabarkan kali ini adalah chole yang berarti empedu. Anda mungkin tidak sadar, tetapi chole sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja Cholesterol, kata cholesterol terdiri dari dua bagian, yakni chole dan sterol yang berarti senyawa sterol (sebuah senyawa kimia yang terdiri dari empat cincin) yang dihasilkan dari empedu. Kolesterol sendiri keluar dari empedu dalam bentuk garam Natrium Taurokolat (Natrium Taurocholic). Taurocholic adalah hasil persenyawaan antara taurin dan senyawa kolesterol. Jika anda cermat mungkin anda sudah sering mendengar taurin yang terdapat dalam banyak minuman-minuman suplemen. Oh iya, nama lain dari Natrium Taurokolat adalah garam empedu.

Kata lain yang mengandung chole adalah melankolis, yang terdiri dari dua kata yakni melan yang berarti hitam, kata yang sama dengan yang terdapat pada melanin, suatu senyawa yang menyebabkan kulit kita coklat atau bahkan hitam pada konsentrasi yang tinggi. Kata yang kedua tentu saja chole, sehingga melankolis berarti black bile (empedu hitam?), maaf saya tidak menemukan terjemahan yang tepat untuk black bile. Anyway, melankolis selalu dikaitkan dengan kesedihan karena penggolongan kepribadian yang telah saya ceritakan di saat awal.

Mungkin itu saja dulu yang dapat saya share dari hobi baru saya ini. Sampai jumpa di part selanjutnya!

July 04, 2010