previous part: Part 7

“Bonding Opposes Motion, and Motion Opposes Bonding”
Bissantz, C.; Kuhn, B.; Stahl, M., A Medicinal Chemist’s Guide to Molecular Interactions, J. Med. Chem., 2010, 53, 5061-5084.

Satu hal yang paling kusukai saat berstatus single adalah: aku bebas pergi kemanapun aku mau, kemanapun angin membawaku :). Dan kali ini aku bahkan merasa lebih bersyukur lagi setelah melihat banyak teman-temanku yang harus menyamakan atau setidaknya mendekatkan tempat kerjanya dengan tempat kerja masing-masing pasangannya. Kalau tidak? Ya mereka harus menanggung konsekuensi dari LDR :p dan cepat atau lambat mereka musti pindah kerja kalau mau sering-sering bertatap muka dengan pasangannya masing-masing.

Sedari kecil aku memang tidak suka terikat, aku sangat menyukai kebebasan, kebebasan yang bertanggung jawab tentunya. Aku tidak suka terlalu terikat peraturan meskipun jika aku merasa aturan itu memang benar-benar baik bagiku dan orang lain aku akan benar-benar mematuhinya dan bahkan jika perlu aku akan sampai memaksa orang lain untuk mematuhinya juga, sedikit paradoks memang :p

Dan seperti yang tertulis dalam paper karya Bissantz dkk. ikatan melawan/menghambat pergerakan dan pergerakan melawan/menghambat ikatan. Sebenarnya pernyataan ini untuk menggambarkan hubungan antara entalpi (ikatan) dan entropi (tingkat ketidakteraturan/keacakan), namun pada kenyataannya pernyataan tersebut juga berlaku pada tingkah laku manusia. Segala macam ikatan yang ada entah itu dalam bentuk janji, sumpah, aturan, undang-undang, pertemanan, persahabatan , dll. pasti akan membatasi ruang gerak kita. Demikian juga sebaliknya, orang yang membutuhkan ruang gerak yang lebih banyak akan mengurangi ikatan-ikatan pada dirinya, entah dengan kurang patuh terhadap aturan, tidak suka berjanji, sampai tidak ingin buru-buru nikah. So which one is the good one? Keduanya baik :D. Kita butuh ikatan itu dan butuh kebebasan juga. Dan karena kita tidak dapat mendapatkan keduanya sekaligus maka kata kuncinya adalah keseimbangan.

Yah, pada akhirnya kembali pada pilihan masing-masing… anda mau single monggo, mau double atau triple juga monggo. Untuk saya, saya ingin sendiri dulu hingga waktu yang belum ditetapkan, untuk mempercepat laju saya menuju apa yang saya cita-citakan tentunya :)

March 9th, 2011