Alhamdulillah, segala puji ke hadirat Allah, Tuhan semesta alam atas selesainya berbagai urusan di bulan ini :). Di akhir bulan ini dua urusan super-duper penting telah berhasil terlalui, yakni admisi S2 dan pengajuan lamaran beasiswa SPs (Sekolah Pascasarjana), tidak lupa kuhaturkan terimakasihku kepada kedua orangtuaku, pak Enade dan bu Nunung selaku orangtua asuhku, dan Adhyatmika, dan teman-teman lainnya yang turut berperan dalam perjuanganku kali ini, atas dukungannya baik moril maupun materiil sehingga semuanya berhasil terlalui dengan cukup lancar.

Cukup melelahkan dan banyak hal yang tak terduga memang, tapi syukur masih diberi kekuatan dan kendali atas kondisi internal maupun eksternal :). Di sisi lain ada gejolak dan mimpi-mimpi yang untuk sementara termampatkan dalam satu sudut di duniaku. Gejolak dan mimpi yang kemudian meledak, yang pada akhirnya melontarkan wacana dalam alam sadarku, wacana itu ialah “I have to disappear for awhile.” hahahaha. Kenapa harus menghilang? Sederhana saja, semakin terhubung diriku dengan dunia luar semakin sulit menjaga integritas duniaku, dunia mentalku. Dan saat integritas duniaku memudar semakin mudah diriku lupa akan siapa diriku. Selain itu belakangan ingatan akan mimpiku semakin jelas terbayang dalam benakku. Mungkin karena sekarang aku sudah mulai kembali ke aku yang dulu, selain itu karena diriku sharing mimpi-mimpiku dengan kawan-kawanku belakangan ini.

Jadi, awalnya, jumat malam itu aku berencana untuk memasang status di facebook bahwa diriku akan menghilang untuk beberapa saat dan tidak ingin dihubungi oleh siapa-siapa. Tapi setelah dipikir-pikir ngapain juga pasang status kek gitu, malah kek mendramatisir keadaan, semacam cari sensasi atau caper, atau malah terlihat lebay hahahaha. So kuputuskan untuk tidak melakukannya.

Hari pertama. Di hari sabtu pagi dimulai dengan membongkar-bongkar tumpukan kertas di kamarku. Ku mencari artikel-artikel enneagram, NAMD, dan photosyntesis. Setelah ketemu kuambil 3 buku berbeda dan kukumpulkan semuanya di ranjangku. Oh ya, 3 buku tadi adalah Chemistry: The Molecular Nature of Matter and Change oleh Silberberg, sebuah buku kimia dasar full-color setebal 1000 halaman yang kubeli saat pameran komputer di bulan Mei lalu, lalu Kamus Lengkap Bahasa Jawa setebal hampir 600 halaman yang baru saja kubeli malam jumat lalu, terakhir adalah The Relationship Cure karya John M. Gottman, Ph.D & Joan De Claire yang kubeli kalau tidak salah saat aku masih SMA dulu.

Sambil menikmati kopi kental buatanku, yang pertama kubaca adalah buku Chemistry-nya Silberberg dan kamus bahasa Jawa, belum lama berselang ternyata ada sambatan di rumah sebelah dan para tetangga maupun teman kantor bapakku sudah pada berkumpul di depan, why now? -_- … Tapi ya mau bagaimana lagi, orang sebentar lagi kita emang dah mau digusur koq, sebenarnya tadinya kita cuman dikasih waktu satu minggu, tapi akhirnya setelah negosiasi panjang kita diberi keringanan waktu satu bulan. Padahal sebenernya rumah kami yang di Bangunharjo Sewon masih belum selesai. Anyway, back to topic, karena acaranya belum mulai jadi kumanfaatkan waktu yang ada untuk mengingat kembali dasar-dasar kimia yang “gagal terserap” atau “tidak teringat dengan baik” semasa SMA atau kuliah dulu. Aku ingin memastikan bahwa saat diriku kuliah S2 nanti diriku sudah memiliki pondasi yang kuat di bidang kimia, selain itu ternyata banyak konsep-konsep dasar kimia komputasi yang aku kurang menguasainya seperti orbital, termodinamika, bentuk molekul, sifat elemen, dll.

Begitu acara sambatan mulai akhirnya mau tidak mau diriku menghentikan, eh menunda perjalanan menuju mimpi-mimpiku halah. Begitu sore tiba dan sambatan selesai maka diriku mandi pagi :D lalu lanjut dengan makan siang. Kemudian karena badan cukup lelah kuputuskan untuk istirahat dulu. Malamnya sedikit menggila, aku pun belajar NAMD dan enneagram di saat yang sama, I think I’ve gained a better multitasking capability, I can use both good focus & good context-shifting now :D. Besoknya akupun juga menyicil belajar photosynthesis dari ebook dan fotokopian buku dari perpustakaan Farmasi UGM.

Dan begitu seterusnya, aku mempelajari beberapa hal berbeda, hal-hal yang kuperlukan untuk menjaga integritas duniaku serta mendekatkanku pada mimpi-mimpiku. Dan karena sabtu dan minggu tidak cukup, kuputuskan untuk menghilang lebih lama lagi, yakni hingga selasa hahaha.

So far sudah banyak yang telah kupelajari, beberapa hal yang terpenting ialah:

  1. Mengingat kembali & mempraktikkan kembali Molecular Dynamics. Hal ini penting karena salah satu passionku adalah protein engineering, dan aku perlu mendalami QM/MM, satu kebodohan yang baru kusadari belakangan ini ialah, untuk mempraktikkan QM/MM kita harus memiliki dasar yang kuat di MD dengan MM.
  2. Lebih aware dalam berkomunikasi dengan orang lain (berkat buku The Relationship Cure). Aku jadi tersadar bahwa seringkali orang memberi sinyal untuk terhubung denganku dan aku seringkali mengabaikannya -_- … hadeh…
  3. Mengingat kembali tipe-tipe Enneagram. I love pattern! Human minds do have pattern ^^ Dan menarik sekali melihat bagaimana orang-orang dengan tipe enneagram yang sama bisa memiliki tampilan yang benar-benar berbeda. Ada begitu banyak warna dalam enneagram, or at least so I believe :)

Menyenangkan rasanya bisa menghilang dari dunia nyata untuk sementara, dan esok, diriku harus kembali ke dunia nyata, sedihnya… :(

June 26th, 2012

Muhammad Radifar