Pernah suatu ketika Tika, adik angkatanku bertanya “hayooo nggak pernah bantu-bantu ortu ya di rumah?”, dan aku pun dengan separuh bercanda menjawab “yaaaaaaahh, ketahuan deh hahahaha”. Sebelumnya Niha yang juga adik angkatanku juga pernah nyletuk sih, “kamu di rumah gak bantu-bantu ibu mas?”, “enak ya jadi anak cowok, gak usah bantu-bantu ibu”. Emang sih kalau anak cewek itu sering atau bahkan wajib untuk membantu urusan rumah. Ya itu kalau cewek, kalau cowok? Lalu diriku pun berpikir, emang kapan ya aku ngurusin urusan rumah, sebenernya ada sih, dan kalau dicermati ternyata urusan yang kulakukan di rumah lebih banyak mengurusi air.

Pertama, dan yang terpenting, diriku mengurusi ketersediaan air mentah yang nantinya akan digunakan untuk mencuci, menyiram tanaman, masak air, memasak, dan mandi. Jadi yang kulakukan adalah menyalakan pompa air dan memastikan bak, ember-ember, dan ceret terisi penuh. Tidak ada yang spesial dari tugas ini kecuali kenyataan bahwa pompa air di rumahku sudah rusak, jadi cara menyalakannya pun berbeda dengan pompa biasanya, yakni setelah dinyalakan kami harus memutar silinder pompa tersebut untuk menyalakannya, gak penting banget yah? :p

Kedua ialah memastikan persediaan air matang dalam jumlah yang cukup dan menstabilkan jumlahnya. Jadi aku harus memasak air tiap rentang waktu tertentu, juga harus memastikan air panas cukup jumlahnya dan cukup panas. Demikian juga dengan air dingin dan air es di kulkas. Pokoknya, semuanya harus tersedia dan mencukupi! :D. Tugas ini harus kuakui harus sedikit jeli dan kita harus rajin-rajin monitor kondisi sekitar. Dari semua tugas, tugas ini yang paling menyenangkan, karena diriku suka bermain-main dengan efisiensi :)

Terakhir adalah urusan minuman, di rumah kalau lagi ada tamu mesti yang bikin aku, tea, coffee, coffee-milk, you name it. Mau gimana lagi, emang diriku pandai dalam membuat teh dan kopi koq hahahaha, narsis!

Oh, by the way, I’m the best tea-maker in the house you know ;)

Mungkin saat ini aku hanya bisa mengambil porsi urusan perairan, tapi aku yakin kelak saat berumah tangga aku akan mengambil porsi yang lainnya juga. Memasak misalnya, aku sebenarnya sangat suka memasak, karena tugas ini mengkombinasikan efisiensi dan taste. Well, someday, someday I will :)

August 1st, 2012

Muhammad Radifar