Baru belakangan ini aku sadar, ternyata saat orang hebat dan sukses berbagi rahasianya, maka makna dari kata “rahasia” yang dimaksud adalah:
Suatu tindakan yang dapat membawa kebaikan bagi kehidupan kita namun kita tidak menyadarinya secara mendalam, dan saat kita menerapkannya kita pun tidak melakukannya dengan konsisten dan benar. Suatu saran yang kita anggap angin lalu padahal sebenarnya mampu membawa perubahan besar dalam hidup. Sometimes we just don’t listen very well. Aku rasa hanya karena yang berbicara berkata dengan serius maka belum tentu yang mendengarkan berusaha mendalami dan memaknai maknanya, apalagi menerapkannya.

But it is always out there! We just don’t pay attention. Bahkan seringkali rahasia kehidupan itu terucap dan tertulis di sekeliling kita, secara eksplisit! Aku baru menyadari hal ini setelah membaca dan mendengarkan begitu banyak rahasia dan nasihat di sekelilingku. Dan dari begitu banyak rahasia dan nasihat tersebut ternyata banyak serupa atau sama, dalam bentuk yang berbeda-beda. Kemudian aku sadar bahwa mungkin aku tidak memahami, meyakini dan menerapkannya dengan benar, dan jika aku benar-benar memahami, meyakini dan menerapkannya aku akan meraih hidup yang lebih baik dan dengan cara yang benar tentunya.

Satu contoh rahasia kehidupan yang paling sering terdengar di sekitar kita namun kita tidak benar- benar memahami dan menerapkannya ialah “mulai dari diri sendiri dari hal yang terkecil”. Banyak orang yang telah mendengar kata-kata ini, bahkan aku yakin bahwa hampir semua orang yang berumur antara 20-50 tahun pernah mendengarnya. Tapi sangatlah sedikit di antara kita yang benar-benar memahami kata-kata ini dan menerapkannya. Yang orang tidak tahu ialah bahwa ini adalah resep paling dasar untuk mengubah hidup kita, bahkan dunia ini. Bagiku, makna dari kata-kata ini barulah kusadari setelah membaca buku 7 Habit of The Highly Effective People. Kemudian diucapkan kembali dalam film The Hobbit: The Unexpected Journey, saat Lady Galadriel bertanya kepada Gandalf “Kenapa The Halfling (merujuk pada bangsa Hobbit), lalu Gandalf menjawab “Saruman percaya bahwa hanya kekuatan besar yang dapat melawan/menekan kejahatan. Tapi bukan itu yang kutemukan, aku menemukan bahwa ternyata yang dapat menekan kejahatan adalah kebaikan-kebaikan kecil, tindakan baik yang sederhana.”. Understanding it or not understanding it will make lot of differences.

Perhatikan dan dengarkanlah dengan baik, seringkali jalan menuju kebaikan itu ada di sekelilingmu, tapi acapkali kita tidak menganggapnya serius, dan melupakannya di kemudian hari.

November 3, 2014
Muhammad Radifar